Thursday, 6 May 2010


Kali ini saya akan menjelaskan tentang CSCW atau yang disebut (Computer Supported Cooperative Work).

Computer Supported Cooperative Work (CSCW) merupakan suatu group user yaitu bagaimana cara merancang suatu sistem yang digunakan untuk membantu pekerjaan sebagai suatu group dan bagaimana memahami dampak dari suatu teknologi pada pola pekerjaan mereka.

HCI berasal dari ilmu psychology-computing sedangkan CSCW bersumbu pada sociologi-computing. CSCW merupakan suatu sistem komputer yang mendukung pekerjaan suatu group yang dikenal dengan istilah groupware.

CSCW pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1964, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr.Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning work.

CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas - aktivitas kolaborative dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada study mengebai kakas dan tekhnik dari groupware itu sendiri.

Salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. ontohnya adalah matrik CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen. Matriks dimaksud membagi konteks sebuah "work" kedalam dua dimensi yakni waktu dan lokasi.

Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang terdistribusi.

Sumber:http//wikipedia.org
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for comments

Ads Banner and Text

Video

Popular Posts