Thursday, 15 April 2010


Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.

Bahasa Komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan: 
1. Leksikal: 
a. Merupakan tingkatan yang paling rendah.
b. yaitu bentuk icon pada layar.
c. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata 

2. Sintaksis 
a. Yaitu urutan dan struktur dari input dan output
b. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat 

3. Semantik 
a. Yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal
b. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari partisipan dalam percakapan
Dalam user interface, istilah dialog hampir mirip dengan tingkat sintaksis, tetapi juga meliputi sifat-sifat leksikal

Dialog Manusia - Komputer:  
1. Berbeda dengan dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas
2. Beberapa ciri-ciri dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer
a. Menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan
b. Beberapa bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan
c. Dialog berikutnya tergantung pada respon dari partisipa
d. Dialog terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti kata- katanya / semantik tapi pada level sintaksis
Proses Perancangan Dialog
1. Advice: 
a. Rangkaian dialog menggambarkan struktur tugas
b. Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya: help system, tutorial sub-sistem
c. Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas

Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module. Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task desription, tapi harus dimasukan dalam sistem yang baru

Empat hal utama dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI metaphor:
1. Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor
2. Representasi dari obyek interaktif dalam metaphor
3. Perancangan manipulasi untuk mengimplementasikan user action
4. Desain micro-metaphor untuk control action dan representasi dari commands
Dalam mendesain dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan
Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah? 
1. Agar mudah di analisa
2. Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
3. Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan
Notasi Diagramatik 
1. Notasi Diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog
2. Kelebihan: memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog
3. Kekurangan: sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks
Contoh Notasi Diagramatik:
1. State Transition Networks (STN)
2. Hierarchical STN
3. Harel’s State Charts
4. Traditional Flow Diagrams (Flow Charts)
5. JSD Diagrams
State Transition Network (STN)
Komponen STN: 
1. Lingkaran: Menggammbarkan "state" dari sistem
2. Tanda Panah: Yang terdapat pada state disebut juga transisi. Tanda panah ini diberi label yang menjelaskan tentang tindakan user yang menyebabkan transisi dan respon dari sistem
STN dapat menggambarkan beberapa pilihan dialog:
1. Urutan tindakan dan respon dari sistem
2. Pilihan bagi user
3. Iterasi
Hierarchical State Transition NetworksStruktur Hierarchical STN mirip dengan STN, namun memiliki tambahan berupa gabungan state. Penggunaan hirarki STN ini seperti menggabungkan beberapa STN kedalam satu diagram besar, sehingga model ini dapat digabungkan untuk sistem - sistem yang besar. STN hirarki dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu sistem yang lengkap.

Harel's State Chart 
Dapat digolongkan sebagai kelmpok STN. Dibangun untuk mensfesifikasikan secara visual sistem relatif yang kompleks dan mampu mengakomodasi masalah seperti concurrancy dan escape.

Flowchart
1. Flowchart digunakan untuk mendeskripsikan dialog yang sederhana
2. Flowchart mudah dimengerti dan simple
Jackson Diagram JSD (Jackson Structured Design) diagram digunakan untuk berbagai aspek dari analisis tugas dan notasi dialog
Jenis - Jenis Dialog 
1. Command Language
a. Merupakan paradigma user interface yang pertama kali
b. Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell, dBase

Keuntungan: 
1. Lebih cepat
2. Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas
3. Perulangan
4. Implementasi yang mudah dan hemat

Tujuan:
1. Konsistensi
2. Penamaan dan pemberian singkatan yang baik
3. Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan

WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer) Berfokus pada Menus, Buttons, Forms, Icons
Direct Manipulation 
Definisi: Kesinambungan tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang dilakukan cepat, dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek

Keuntungan:
1. Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula
2. Fleksibel: Menyediakan konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui apakah tujuan telah tercapai
3. Membatasai beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi

Kekurangan:
1. Penggunaan seluruh ruang pada layar
2. Harus mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar
3. Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan
4. Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan
5. Tidak ada penjelasan otomatis
6. Tidak bagus pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti merubah semua huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel 

PDA dan Pen 
1. Menjadi lebih umum dan penggunaan yang lebih luas
2. Tampilan yang lebih kecil (160x160 atau 320x240)
3. Tombol-tombol yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” (atau stylus)
4. Peningkatan wireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik
5. Palmtop vs Handheld 

Speech dan Natural Language 
Speech (Suara): Adalah getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”. Mulut, tenggorokan, bibir membentuk bunyi
Input speech: Pengenalan speaker, Pengenalan suara, Pemahaman bahasa natural
Natural Language: Memberi arti pada kata-kata, Input dapat berupa suara atau dari keyboard

Keuntungan:
1. Mudah dipelajari dan diingat
2. Lebih kuat
3. Cepat, efisien (tidak selalu)
4. Layar yang kecil

Kekurangan:
1. Belum dapat bekerja dengan baik
2. Mengasumsikan pengetahuan dari permasalahan
3. Membutuhkan keahlian pengetikan. Peningkatan tidak terlihat
4. Implementasi membutuhkan biaya yang mahal
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for comments

Ads Banner and Text

Video

Popular Posts