Sunday, 30 May 2010


Pengertian Prinsip Usability Pada mata kuliah interaksi manusia dan komputer adalah suatu masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna.

Sistem akan bekerja dengan baik apabila dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan secara maksimal.

Didalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang harus diperhatikan diantaranya Human Ability, Human Capabilities, Memori, Proses, Observations, Problem Solving.

Pertama kita akan membahas tetang Human Ability. Human Ability atau di bahasa indonesiakan adalah suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya. Human Ability (kemampuan manusia) ini memiliki 2 perbedaan, perbedaannya yaitu
 

HUMAN ABILITIES BAIK
1. Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas.
2. Durasi LTM tidak terbatas dan komplex.
3. Kemampuan memahami tinggi.
4. Mekanisme konsentrasi powerful.
5. Pengenalan pola pikir powerful
HUMAN ABILITIES BURUK
1. Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas.
2. Durasi STM terbatas.
3. Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM.
4. Proses yang cenderung salah
5. Proses yang lambat
Pembahasan yang kedua yaitu Human Capabilities. Pengertiannya hampir sama dengan Human Ability tetapi Human Capabilities lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri.

Setiap manusia pasti mempunyai batas maksimal dalam melakukan Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) saya akan menjelaskan panca indera Mata.

Mata
Mata adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melihat dan didalam panca indera mata ini terdapat dua tahap konsep penglihatan.

Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu:
1. Penerimaan stimulus dari luar secara fisik.
2. Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut
1). Kemampuan Penglihatan
Sensivitas, Ketajaman, Pergerakan
2). Warna
a. Warna dikaitkan dengan hue, intensitas, dan saturation.
b. Hue panjang gelombang spektrum cahaya.
c. Intensitas brightness dari warna.
d. Saturation jumlah / kadar putih (whiteness) dalam warna.
e. Masalah persepsi warna pada cones (sel pada selaput retina yang sensitif terhadap warna) dan ganglion (simpul syaraf).
f. 380 (blue) ~ 770nm (red).
g. Radiasi dalam spektrum (panjang gelombang cahaya) adalah 400 – 700 nm.
Telinga
Telinga adalah suatu panca indera yang digunakan untuk mendengar. Sistem yang terdapat pada telinga yaitu system auditory yang memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar. Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah.

Pemrosesan suara
Suara memiliki beberapa karakteristik, yaitu:
 
1. Pitch : frekuensi suara (20 – 20.000 HZ)
2. Loudness : amplitudo suara (30 – 100dB)
3. Timbre : tipe atau jenis suara
4. Sistem auditory melakukan filtering suara kita mengabaikan suara background dan berkonsentrasi pada informasi yang penting.
Peraba
Peraba adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melakukan sentuhan. Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu:
 
1. Thermoceptor =merespon panas/dingin.
2. Nociceptor =merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit.
3. Mechanoceptor = merespon pada tekanan
4. Pada komputer keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.
Pembahasan yang ketiga yaitu Memori. Memori adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau informasi. Memori juga dapat menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural. Ada 4 type Memori yaitu
1. Perceptual Buffer (Memori Sensor)
 
a. Terbatas kapasitasnya.
b. Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
2. Short Term Memory (STM) 
a. Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan.
b. Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
c. Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan:vPanjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
d. Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.
3. Intermediate 
a. Menyimpan untuk ke LTM
4. Long Term Memory (LTM) 
a. Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan berdasarkan eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur, tingkah laku, dsb.
b. Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses hilangnya informasi lebih lambat.
Terdapat dua jenis LTM : 
1. Memori Episodik : menyimpan “data” kejadian atau pengalaman dam bentuk serial menurut waktu.
2. Memori Semantik : menyimpan record-record fakta, konsep, keahliaan (skills) serta informasi lain yang diperoleh selama hidup dengan terstruktur.
Pemrosesan Memori Jangka Panjang Aktivitas : 
1. Menyimpan atau mengingat informasi.
2. Menghilangkan atau melupakan informasi.
3. Memanggil kembali informasi.
4. Tersimpan karena pengulangan (rehearsal).
5. Ebbinghaus jumlah yang dipelajari berbanding lurus dengan waktu mempelajarinya = total time hypothesis.
6. Proses melupakan informasi : decay karena sudah lama berada di LTM sehingga lambat laun akan terlupakan + interference karena adanya informasi baru yang lama terlupakan.
7. Proses memanggil kembali informasi : recall memanggil kembali secara langsung informasi + recognition presentasi sejumlah pengetahuan (knowledge) yang terkait sebagai petunjuk.
Pembahasan yang keempat yaitu Problem Solving atau yang biasa kita kenal Penyelesaian masalah, penyelesaian masalah pada IMK ini setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan. Penalaran (Reasoning): proses pengambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for comments

Ads Banner and Text

Video

Popular Posts