Sunday 18 April 2010

 
Dalam tugas kalii ini saya ingin menjelaskan tentang pengertian prototype, kelemahan dan keunggulan dan cara kerja prototype dari penerapan - penerapannya.
Prototype merupakan salah satu metode pengembangan perangat lunak yang banyak digunakan. Dengan metode prototyping ini pengembang dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem.

Sering terjadi seorang pelanggan hanya mendefinisikan secara umum apa yang dikehendakinya tanpa menyebutkan secara detal output apa saja yang dibutuhkan, pemrosesan dan data-data apa saja yang dibutuhkan. Sebaliknya disisi pengembang kurang memperhatikan efesiensi algoritma, kemampuan sistem operasi dan interface yang menghubungkan manusia dan komputer.

Untuk mengatasi ketidakserasian antara pelanggan dan pengembang , maka harus dibutuhakan kerjasama yang baik diantara keduanya sehingga pengembang akan mengetahui dengan benar apa yang diinginkan pelanggan dengan tidak mengesampingkan segi-segi teknis dan pelanggan akan mengetahui proses-proses dalm menyelasaikan system yang diinginkan.

Dengan demikian akan menghasilkan sistem sesuai dengan jadwal waktu penyelesaian yang telah ditentukan. Kunci agar model prototype ini berhasil dengan baik adalah dengan mendefinisikan aturan-aturan main pada saat awal, yaitu pelanggan dan pengembang harus setuju bahwa prototype dibangun untuk mendefinisikan kebutuhan.

Prototype akan dihilangkan sebagian atau seluruhnya dan perangkat lunak aktual aktual direkayasa dengan kualitas dan implementasi yang sudah ditentukan.

Tahapan - Tahapan Prototyping
1. Pengumpulan kebutuhan.
Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak, mengidentifikasikan semua kebutuhan, dan garis besar sistem yang akan dibuat.

2. Membangun prototyping.
Membangun prototyping dengan membuat perancangan sementara yang berfokus pada penyajian kepada pelanggan (misalnya dengan membuat input dan format output).

3. Evaluasi protoptyping.
Evaluasi ini dilakukan oleh pelanggan apakah prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginann pelanggan. Jika sudah sesuai maka langkah 4 akan diambil. Jika tidak prototyping direvisi dengan mengulangu langkah 1, 2 , dan 3.

4. Mengkodekan system.
Dalam tahap ini prototyping yang sudah di sepakati diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang sesuai.

5. Menguji system.
Setelah sistem sudah menjadi suatu perangkat lunak yang siap pakai, harus dites dahulu sebelum digunakan. Pengujian ini dilakukan dengan White Box, Black Box, Basis Path, pengujian arsitektur dan lain-lain.

6. Evaluasi Sistem.
Pelanggan mengevaluasi apakah sistem yang sudah jadi sudah sesuai dengan yang diharapkan . Juka ya, langkah 7 dilakukan; jika tidak, ulangi langkah 4 dan 5.

7. Menggunakan system.
perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan.
Keunggulan dan Kelemahan dari Prototyping
1. Keunggulan prototyping adalah:
a. Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan
b. Pengembang dapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan pelanggan
c. Pelanggan berperan aktif dalam pengembangan system
d. Lebih menghemat waktu dalam pengembangan system
e. Penerapan menjadi lebih mudah karena pemakai mengetahui apa yang diharapkannya.

2. Kelemahan prototyping adalah:
a. Pelanggan kadang tidak melihat atau menyadari bahwa perangkat lunak yang ada belum mencantumkan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan dan juga belum memikirkan kemampuan pemeliharaan untuk jangja waktu lama.

b. Pengembang biasanya ingin cepat menyelesaikan proyek. Sehingga menggunakan algoritma dan bahasa pemrograman yang sederhana untuk membuat prototyping lebih cepat selesai tanpa memikirkan lebih lanjut bahwa program tersebut hanya merupakan cetak biru sistem.

c. Hubungan pelanggan dengan komputer yang disediakan mungkin tidak mencerminkan teknik perancangan yang baik.
Prototyping bekerja dengan baik pada penerapan-penerapan yang berciri sebagai berikut:
a. Resiko tinggi Yaitu untuk maslaha-masalah yang tidak terstruktur dengan baik, ada perubahan yang besar dari waktu ke waktu, dan adanya persyaratan data yang tidak menentu.
b. Interaksi pemakai penting . Sistem harus menyediakan dialog on-line antara pelanggan dan komputer.
c. Perlunya penyelesaian yang cepat.
d. Perilaku pemakai yang sulit ditebak
e. Sitem yang inovatif. Sistem tersebut membutuhkan cara penyelesaian masalah dan penggunaan perangkat keras yang mutakhir

Thursday 15 April 2010


Didalam penulisan ilmiah sering sekali terdapat kata – kata yang tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), terutama dengan kata ganti orang banyak sekali yang kurang tepat menggunakannya.

Maka dari itu kami mencoba survey disalah satu perpustakaan yang ada di Universitas untuk membuktikan kebenarannya. Menurut survey yang telah kami lakukan dan kami mengambil salah satu judul penulisan ilmiah sebagai contoh untuk menghitung banyaknya kata yang digunakan, ialah sebagai berikut:

JUDUL : PIRANTI ELEKTRONIKA TERKENDALI MELALUI PERSONAL KOMPUTER 
PENULIS : KURNIAWAN
FAKULTAS : ILMU KOMPUTER
JURUSAN : SISTEM KOMPUTER

    KATA GANTI ORANG
    JUMLAH
    Penulis
    14
    Pembaca
    3
    Pembuat
    5
    Kita
    1
    Pengguna
    2
    Seseorang
    4
    Saya
    3
    Tabel Survey

    Tabel di atas membuktikan bahwa hasil survey yang telah kami lakukan, kami berharap menjadi suatu pembelajaran didalam penulisan ilmiah.



    NB:
    “Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dengan survey yang telah kami lakukan”
    Terimakasih.


    Didalam penulisan ilmiah sering sekali terdapat kata – kata yang tidak sesuai atau sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), terutama dengan kata baku yang kurang tepat menggunakannya.

    Maka dari itu kami mencoba survey disalah satu perpustakaan yang ada di Universitas untuk membuktikan kebenarannya. Menurut survey yang telah kami lakukan dan kami mengambil salah satu judul penulisan ilmiah sebagai contoh untuk menghitung banyaknya kata yang digunakan, ialah sebagai berikut:

    JUDUL  : PIRANTI ELEKTRONIKA TERKENDALI MELALUI PERSONAL KOMPUTER
    PENULIS : KURNIAWAN
    FAKULTAS : ILMU KOMPUTER
    JURUSAN : SISTEM KOMPUTER

    Kata baku
    Jumlah
    Pasca
    1
    metode
    2
    Sistem
    5
    Abstrak
    1
    Teknologi
    3
    Elektronik
    3
    objek
    1

    Tabel di atas membuktikan bahwa hasil survey yang telah kami lakukan, kami berharap menjadi suatu pembelajaran didalam penulisan ilmiah.

    NB:
    “Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dengan survey yang telah kami lakukan”

    "I, Robot" ialah suatu film fiksi yang menceritakan tentang dunia yang sudah begitu tergantung kepada robot NS 5 yang menjadi asisten rumah tangga. Kata "I" berarti Intelligent, Ideal, Incredible. Produk NS 5 memang dibekali oleh segala kecanggihan robot yang sudah bisa mendampingi manusia melewati segala tugas hari-hari. 

    Para robot ini diikat olah hukum yang melindungi manusia dan membatasi ruang gerak para robot disisi hukum. Film yang diangkat dari koleksi cerita pendek Isaac Asimov dan diangkat kelayar lebar dibawahan arahan sutradara Alex Proyas yang membidani film "Dark City" dan "The Crow" mempercayakan tokoh utamanya kepada Will Smith sebagai detektif Del Spooner yang menjadi satu-satunya orang yang mengendus ketidakberesan para robot, NS 5, yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia ditahun 2035. 

    Setelah Dr. Miles Hogenmiller yang bekerja pada perusahaan U.S Robotics yang dikelola oleh Lance Robertson terbunuh, Spooner mencurigai pelakunya adalah robot NS 5. Namun jalan panjang untuk membuktikannya harus ditempuh dan sayangnya, sedikit yang bercaya dengan apa yang diyakini Spooner.

    Ia hanya mendapat dukungan Dr Susan Calvin, yang merupakan spesialis psikologi robot. Kalau yang dikuatirkan Spooner bahwa para robot punya peluang untuk melakukan tindakan kriminal dan tidak bisa dijerat hukum, berarti dunia terancam akan dikuasai oleh para robot ini. 

    Will Smith yang juga merupakan executive producer dari film ini, bermain bersama Bridget Moynahan (Sum of All Fears, The Recruit, Coyote Ugly) yang berperan sebagai Dr. Susan Calvin.

    Kalau tahun belakangan Will lebih banyak membintang film-film sekuel seperti Men in Black II dan Bad Boys II, tapi tampaknya rencana Will ditahun ini dan mendatang sudah direncanakan dengan film-film yang bertema lebih baru. Setelah "I, Robot" ia mengisi suara untuk tayangan animasi Shark Tale, & satu lagi judul film yang masih dalam proses pembuatan, Last First Kiss. Nantikan film yang akan mulai beredar di Indonesia diawal bulan Agustus tahun ini.

    Sumber: http://www.indosiar.com/sinopsis/3101/i-robot

    Wireles atau yang di sebut juga dengan hotspot kini sudah tidak asing lagi kita dengar bahkan sekarang sudah banyak yang menyediakanya terutama pada kampus – kampus, perusahaan – perusahaan bahkan sampai didalam tempat pembelanjaanpun (MALL) sudah tersedia wireless/hotspot.

    Kini gw mau coba kasih tahu cara setting wireless/hotspot pada laptop atau pc kalian, ikuti langkah dibawah ini:

    Yang pertama periksa komputer/laptop kalian apakah driver wireless kalian sudah terinstall apa belum. Caranya pilih Menu - Run, ketik devmgmt.msc, atau masuk ke Control Panel - Administrative Tools lalu pilih Computer Management, dan pilih Divice Manager.

    Jika belum terinstsall drivernya, biasanya ditandai dengan tanda tanya yang bewarna kuning. Maka install terlebih dahulu drivernya.

    Kalau sudah di install kalian masuk lagi ke Control Panel - Network Connection, dan klik dua kali pada pilihan koneksi wireless network connection. Pada menu samping kiri, pilih refresh network list, sehingga akan muncul daftar dari jaringan wireless yang ada dalam jangkauan

    Koneksi wireless dibagi dalam dua kelompok, yaitu secured dan unsecured., pada secured kita diharuskan registrasi terlebih dahulu ke admin jaringan untuk mendapatkan IP, sedangankan pada unsecured laptop kita akan otomatis terdaftar dengan menggunakan IP dinamik. 

    Pilih salah satu yang unsecured (jika ada) dari daftar pilihan koneksi wireless yang tersedia, kemudian tekan tombol connect pada bagian kanan bawah. Jika connect, pada icon tray windows, akan muncul icon wi-fi yang menyala hijau dilengkapi dengan kualitas kekuatan sinyal wi-fi yang diterima yaitu Excellent (54 Mbps), Very Good, Good, dan Low.

    Untuk melihat status koneksi, klik dua kali pada icon tersebut maka akan muncul jendela status dari koneksi wireless tersebut. Coba klik icon wireless yang terdapat pada menubar sebelah kanan bawah komputer/laptop kalian. 

    -Selamat Mencoba-


    Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.

    Bahasa Komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan: 
    1. Leksikal: 
    a. Merupakan tingkatan yang paling rendah.
    b. yaitu bentuk icon pada layar.
    c. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata 

    2. Sintaksis 
    a. Yaitu urutan dan struktur dari input dan output
    b. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat 

    3. Semantik 
    a. Yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal
    b. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari partisipan dalam percakapan
    Dalam user interface, istilah dialog hampir mirip dengan tingkat sintaksis, tetapi juga meliputi sifat-sifat leksikal

    Dialog Manusia - Komputer:  
    1. Berbeda dengan dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas
    2. Beberapa ciri-ciri dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer
    a. Menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan
    b. Beberapa bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan
    c. Dialog berikutnya tergantung pada respon dari partisipa
    d. Dialog terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti kata- katanya / semantik tapi pada level sintaksis
    Proses Perancangan Dialog
    1. Advice: 
    a. Rangkaian dialog menggambarkan struktur tugas
    b. Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, misalnya: help system, tutorial sub-sistem
    c. Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas

    Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module. Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task desription, tapi harus dimasukan dalam sistem yang baru

    Empat hal utama dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI metaphor:
    1. Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor
    2. Representasi dari obyek interaktif dalam metaphor
    3. Perancangan manipulasi untuk mengimplementasikan user action
    4. Desain micro-metaphor untuk control action dan representasi dari commands
    Dalam mendesain dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan
    Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah? 
    1. Agar mudah di analisa
    2. Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
    3. Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan
    Notasi Diagramatik 
    1. Notasi Diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog
    2. Kelebihan: memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog
    3. Kekurangan: sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks
    Contoh Notasi Diagramatik:
    1. State Transition Networks (STN)
    2. Hierarchical STN
    3. Harel’s State Charts
    4. Traditional Flow Diagrams (Flow Charts)
    5. JSD Diagrams
    State Transition Network (STN)
    Komponen STN: 
    1. Lingkaran: Menggammbarkan "state" dari sistem
    2. Tanda Panah: Yang terdapat pada state disebut juga transisi. Tanda panah ini diberi label yang menjelaskan tentang tindakan user yang menyebabkan transisi dan respon dari sistem
    STN dapat menggambarkan beberapa pilihan dialog:
    1. Urutan tindakan dan respon dari sistem
    2. Pilihan bagi user
    3. Iterasi
    Hierarchical State Transition NetworksStruktur Hierarchical STN mirip dengan STN, namun memiliki tambahan berupa gabungan state. Penggunaan hirarki STN ini seperti menggabungkan beberapa STN kedalam satu diagram besar, sehingga model ini dapat digabungkan untuk sistem - sistem yang besar. STN hirarki dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu sistem yang lengkap.

    Harel's State Chart 
    Dapat digolongkan sebagai kelmpok STN. Dibangun untuk mensfesifikasikan secara visual sistem relatif yang kompleks dan mampu mengakomodasi masalah seperti concurrancy dan escape.

    Flowchart
    1. Flowchart digunakan untuk mendeskripsikan dialog yang sederhana
    2. Flowchart mudah dimengerti dan simple
    Jackson Diagram JSD (Jackson Structured Design) diagram digunakan untuk berbagai aspek dari analisis tugas dan notasi dialog
    Jenis - Jenis Dialog 
    1. Command Language
    a. Merupakan paradigma user interface yang pertama kali
    b. Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell, dBase

    Keuntungan: 
    1. Lebih cepat
    2. Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas
    3. Perulangan
    4. Implementasi yang mudah dan hemat

    Tujuan:
    1. Konsistensi
    2. Penamaan dan pemberian singkatan yang baik
    3. Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan

    WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer) Berfokus pada Menus, Buttons, Forms, Icons
    Direct Manipulation 
    Definisi: Kesinambungan tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang dilakukan cepat, dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek

    Keuntungan:
    1. Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula
    2. Fleksibel: Menyediakan konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui apakah tujuan telah tercapai
    3. Membatasai beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi

    Kekurangan:
    1. Penggunaan seluruh ruang pada layar
    2. Harus mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar
    3. Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan
    4. Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan
    5. Tidak ada penjelasan otomatis
    6. Tidak bagus pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti merubah semua huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel 

    PDA dan Pen 
    1. Menjadi lebih umum dan penggunaan yang lebih luas
    2. Tampilan yang lebih kecil (160x160 atau 320x240)
    3. Tombol-tombol yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” (atau stylus)
    4. Peningkatan wireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik
    5. Palmtop vs Handheld 

    Speech dan Natural Language 
    Speech (Suara): Adalah getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”. Mulut, tenggorokan, bibir membentuk bunyi
    Input speech: Pengenalan speaker, Pengenalan suara, Pemahaman bahasa natural
    Natural Language: Memberi arti pada kata-kata, Input dapat berupa suara atau dari keyboard

    Keuntungan:
    1. Mudah dipelajari dan diingat
    2. Lebih kuat
    3. Cepat, efisien (tidak selalu)
    4. Layar yang kecil

    Kekurangan:
    1. Belum dapat bekerja dengan baik
    2. Mengasumsikan pengetahuan dari permasalahan
    3. Membutuhkan keahlian pengetikan. Peningkatan tidak terlihat
    4. Implementasi membutuhkan biaya yang mahal

    Untitled Document


    Steelheart merupakan grup band rock yang cukup berbasis di Norwalk, Connecticut, Amerika, dibentuk pada tahun 1990. Pada awalnya menggunakan nama Red Alert dengan anggota personil James Ward (bass), Chris Risola (gitar), Jack Wilkenson (drum) dan vokalis Miljenko Matijevic.
    Setelah cukup lama mencari kontrak rekaman, akhirnya Red Alert berhasil mendapatkan tandatangan kontrak dan nama yang digunakan grup bandnya adalah Steelheart. Nama Steelheart kemungkinan menggambarkan betapa sulit dan lamanya grup band ini untuk mendapatkan kontrak rekaman
    Pada tahun 1990, grup band ini mulai meledak dengan album debutnya dengan lagu hitnya yang berjudul "She's gone". Didalam lagu ini menampilkan vokal yang sangat fenomenal dari vokalis Miljenko Matijevic, sehingga membuat pencinta glam metal menjadi terbius dan dibuat terpesona menikmati suaranya tersebut. 
    Suara vokal rock dari Miljenko Matijevic yang sangat dasyat serta mempunyai karakter tersendiri untuk setiap lagu yang dinyanyikannya, dan didukung oleh permainan gitar yang luar biasa dari Chris Risola, mampu membuat sukses lagu "Everybody loves Eileen" dan "Can not stop me lovin' You", demikian juga untuk lagu "Love ain't easy". Ketiga lagu ini menjadi catatan tertinggi bagi Miljenko Matijevic dari album Steelheart.
    Di film yang berjudul "Rock star", yang dibintangi oleh Mark Wahlberg, Miljenko Matijevic bertugas mengisi vokal pada saat tokoh Christ Cole, diperankan oleh Mark Wahlberg yang bernyanyi difilm ini. Salah satu lagu yang dinyanyikannya berjudul "We all die young" dari album "Steelheart".
    Meskipun banyak lagu-lagu balada yang dihasilkan oleh steelheart seperti "Love ain't easy", "Can't stop loving You", yang terkesan cengeng tetapi grup band ini masih memperlihatkan kesan rocknya yang mencerminkan grup band rock asli. Dan justru dari lagu balada ini, Steelheart dapat mencapai sukses dan menjadi terkenal.
    Album yang ke 2 berjudul "Tangled in reins", mampu menghasilkan lagu hit yang berjudul "Mama don't You cry". Lagu ini berhasil menjadi peringkat pertama di banyak negara di Asia Timur, meskipun albumnya hanya menjadi urutan ke 144 di tangga lagu Billboard. Didalam lagu-lagu album ke 2 ini menggunakan grunge inovasi yang mempunyai kekuatan hampir sama dengan lagu-lagunya Gun N' Roses.
    Meskipun demikian album selanjutnya yang berjudul "Wait" yang menghasilkan lagu seperti "Wait", "We all die young", "All your love", "Forgive me", tidak sukses dan membuat Steelheart harus tenggelam di album ini, meskipun demikian single yang berjudul "Wait" berhasil diperingkat pertama di beberapa negara Asia.
    Sumber: http://wikipedia

    Ads Banner and Text

    Video

    Popular Posts