Thursday 12 April 2012


Postingan kali ini gue mau share tentang cara menyetel drum atau tuning drum. Oke..!! mari kita simak.

Pada umumnya ada 3 bagian drum yang perlu di tune, yaitu snare, tom, dan bass drum.
SNARE DRUM untuk snare drum, ada 3 bagian yang perlu di stel agar menghasilkan suara yang bagus, yaitu batter head (kulit atas yang untuk di pukul), snare head (kulit bawah untuk merespon snare wire), da snare wire (kawat dibawah snare yang menghasilkan suara snare)
1. Mulai dengan batter head (kulit bagian atas). Lepaskan batter head dari shell (badan drum). Lenturkan head tersebut dengan menekan bagian pinggirnya ke dalam (jangan takut rusak, batter head sangat kuat).

Setelah itu, letakkan head pada shellnya. Letakkan rim (besi lingkar), dan putar tension rod (baut) menggunakan tangan dengan urutan menyilang. Misalnya, baut 1 kemudian baut diseberangnya dan seterusnya.

Putar semua baut dengan urutan menyilang, sampai tidak bisa diputar lagi dengan tangan. Setelah itu, putar dengan drum key (kunci pemutar baut), putar 1/2 putaran semua baut secara menyilang. Tekan bagian tengah head menggunakan 2 tangan (jangan takut rusak), penekanan ini berguna agar dudukan head tidak berubah.

Pukul bagian pinggir head (dekat baut) dengan drum key, dan buat agar semua bagian berbunyi sama. Lakukan beberapa putaran sampai anda mendapat suara yang diinginkan.
2. Kemudian snare side head (kulit bagian bawah). Lakukan dengan cara yang sama, namun hati-hati dengan head ini karena sangat tipis (jangan lakukan pelenturan dan penekanan). Buat ketegangan head ini lebih tinggi sedikit dari batter head, agar dapat merespon snare wire dengan baik.
3. Agar menghasilkan suara snare yang baik, buat ketegangan snare wire sehingga dapat menangkap suara pukulan yang paling pelan sekalipun. Jangan menyetel wire terlalu tegang, karena suara snare akan tertahan.
TOM DRUM Ada 2 jenis tom, yaitu rack tom (tom yang posisinya bergantung), dan floor tom (tom yang ada kakinya dan diletakkan di lantai langsung).
1. Untuk batter head, lakukan cara yang sama dengan batter head snare. Cari suara yang pas dengan yang anda mau. Jangan terlalu longgar, karena suara akan pecah. Dan juga jangan terlalu keras, karena suara akan tertahan.
2. Kemudian resonant head (head bawah untuk meresonansi suara). Buat ketegangan resonant head sedikit lebih rendah atau sama dengan batter head. Buat agar menghasilkan sustain yang cukup.
BASS DRUM Inilah bagian drum yang mungkin paling sulit disetel.
1. Buka semua head, setelah itu masukkan busa setebal ±3 cm, dengan lebar yang sama dengan panjang bass drum, sehingga menyentuh kedua head. Untuk panjangnya, buat ± 1/2 dari keliling bass drum. Bisa juga menggunakan bantal atau handuk yang digulung kemudian disentuhkan ke head bass drum.
2. Lalu pasang batter head (kulit yang dipukul beater pedal). Putar baut sampai kerutan hilang (putar dengan urutan menyilang).
3. Setelah itu pasang resonant head (kulit depan bass). Setel dengan ketegangan yang sama dengan batter headnya.
4. Untuk menghasilkan suara drum yang bagus, ada baiknya drumhead (kulit/membran) diganti dengan drumhead yang bagus pula. Ada 2 jenis bahan dasar pembuat drumhead, yaitu DuPont dan Toray. Drumhead dengan bahan dasar DuPont adalah pilihan terbaik. Beberapa merk drumhead dengan bahan dasar DuPont adalah Remo, Evans, Aquarian, Dynamic, dll.
Nah, itulah cara yang dilakukan untuk mendapat suara drum yang bagus. Jangan pernah bosan untuk mengutak-atik dan merubah setelan, agar mendapat sound yang pas dengan selera anda.

Semoga bermanfaat..!!

9 comments:

  1. Min pelenturan tu gimana ya? lebih detailnya? Mohon dijawab ya gan!

    ReplyDelete
  2. Min, resonant head perlu pelenturan & peregangan ga? please jawab ya

    ReplyDelete
  3. pelenturan yang dimaksud, penekanan pada bagian sisinya, tekan-tekan kedalam aja pake tangan juga bisa gan, bertujuan untuk melenturkan.. CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, dengan cara di tekan-tekan pake tangan (pelan-pelan aja gan.. semoga membantu :)

      Delete
  4. stengah putaran itu berapa derajat.. dan snare ada patokan nadanya gk? seperti di samain dengan nada c atau nada lain..

    ReplyDelete

Thanks for comments

Ads Banner and Text

Video

Popular Posts