Wednesday, 4 April 2012


Dengan seiringnya perkembangan ilmu tekhnologi (jiahhh..bahasanya), di zaman sekarang ini kurang lengkap rasanya kalo punya komputer tapi nggak kehubung ke internet, ibarat jomblo kurang lengkap rasanya kalo gak punya pacar #eh.

Nah, kali ini gue mau coba shared sama agan-agan, nona-nona, akang-akang, encang-encing, nyak-babeh, tentang cara sharing internet dari usb modem yang biasa disebut modem flash dan ada juga yang nyebut modem broadband atau apalah terserah kalian mau nyebutnya apa, yang penting modem yang nyolok ke port usb #gitu aja kok repot.

Well (inggris dikit) dengan usb modem ini kita juga bisa berbagi koneksi internet dengan komputer lain melalui router. Kok pake router? sebenernya pake hub juga udah cukup buat sharing internet, tapi kalo pake router kita bisa membagi internet ke komputer lain melalui wireless jadi kaya hostpot gitu deh (gak perlu gue jelasin kan hostpot tuh apa).

Okelah, dari pada kelamaan, dan gue juga tau pasti lu udah pada nggak sabar kan, pengen tau gimana caranya? cekidot.. oiya, untuk melakukan langkah-langkah dibawan ini, syaratnya lu harus punya modem usb sama router #penting.

Pertama Mensetting Koneksi Baru
1. Putuskan Hubungan Internet (bukan pacar lu), tapi usb modem jangan di cabut dari portnya.
2. Buat Koneksi baru caranya klik Start, kemudian klik Accesories, lalu klik Comunication dan selanjutnya klik New Conection Wizard.
3. Bila muncul Jendela baru klik Next.
4. Contreng pilihan Conect to the Internet, lalu klik Next.
5. Contreng pilihan Set up my connection manually lalu klik Next.
6. Selanjutnya, Contreng pilihan Connect using a dial-up modem lalu klik Next.
7. Masukkan ISP Name (Contohnya: Smart, flexy, Aha, IM2 dll) kita gunakan sebagai contoh koneksi Aha, kemudian klik Next.
8. Masukkan phone number sesuai dengan phone number untuk internet dari operator (Contohnya: untuk Aha #777) lalu klik Next.
9. Masukkan username, pasword, dan confirm pasword sesuai dengan username dan pasword yang diberikan oleh operator (Contohnya: untuk Aha, usernamenya: aha@aha.co.id, dan paswordnya aha) lalu klik Next.
10. Contreng pilihan Add a shortcut to this connection to my desktop, untuk menampilkan icon koneksi internet anda ke desktop, lalu klik Finish.
Kedua Mensetting Sharing Komputer
1. Klik 2x ikon koneksi internet Aha yang ada di desktop.
2. Setelah muncul jendela connect Aha, klik tombol Properties.
3. Lalu klik tombol tab Advanced.
4. Contreng pilihan “Allow Other network user to connect through this computer“ kemudian klik Ok.
5. Akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa bila koneksi internet di enable, makalan card di set ke IP adress yang diberikannya sebagai contoh 192.168.0.1, klik Yes.
6. Cek lancard lu dengan cara klik kanan My Network Places, kemudian klik properties, lalu klik 2x icon Local Area Conection, kemudian pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik properties, Maka IP lan card akan tampil sesuai dengan yang diberikan oleh usb modem aha tadi.
7. sampe sini ngerti yak? lanjut.
Ketiga Mensetting Router
Setelah usb modem dan lancard selesai dikonfigurasi, hubungkan kabel utp dari port lancard ke port router Selanjutnya lakukan langkah berikut ini: 
1. Hidupkan power router.
2. Buka Mozilla firefox atau internet explorer.
3. Ketikkan Ip adress router pada adress bar browser lu, lalu tekan enter (baca buku petunjuk router yang lu punya, untuk mengetahui ip adress router lu). 
4. Setelah tampil, masukkan username dan pasword (default nya username: admin password: admin.
5. Setelah anda masuk ke menu router, setting gatway router dengan ip adress lancard seperti contoh diatas 192.168.0.1. 
6. Kemudian setting ip adress router 192.168.0.2. 7. Lalu setting Router mengenablekan Wireless.
Akhirnya selesai juga, (pegel juga nih tangan ngetiknya). Oiya, agar komputer lain dapat koneksi ke Internet, lu bisa setting dengan menggunakan ip statik, atau dengan ip adress selanjutnya dari ip adress router 192.168.0.2 - 192.168.0.3 -192.168.0.4 dst, tapi gateway tetap 192.168.0.1

Selamat mencoba, semoga bermanfaat..!
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for comments

Ads Banner and Text

Video

Popular Posts